< Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) Desa Grugu Kecamatan Kawunganten Dalam Tahap Pengerjaan - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) Desa Grugu Kecamatan Kawunganten Dalam Tahap Pengerjaan

<


Cilacap-Jateng,- bentengindonesia.com
Akses jalan yang memadai merupakan tujuan utama dimana masyarakat mengharap dengan adanya sumber aspek disegala bidang. Salah satunya akses jalan menuju sektor lokasi pertanian desa Grugu Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap dalam kegiatan sedang berlangsung dikerjakan.

Jalan yang merupakan titik akses bagi petani untuk melakukan aktifitas mengalami transformasi dengan adanya pembangunan yang sedang dilakukan. Pembangunan talud sepanjang 109 Meter dengan tinggi 1 Meter serta pengecoran rabat beton sepanjang 109 Meter lebar 150 Meter senilai Rp 150.000.000 sumber dana APBN tahun 2020 berlokasi di blok 
sawah buaya ragas tahap pekerjaan baru mencapai hasil 90 persen.

Pembangunan yang harusnya telah selesai terkendala dengan adanya faktor cuaca alam yang ketika itu terjadi banjir sehingga kontrak atau surat perjanjian ditambahkan yakni dengan mengajukan addendum.


Addendum sendiri sudah diatur berdasarkan Perpres No 54 tahun 2010 pasal 87 ayat 1 ada empat hal yang harus diperhatikan dengan adanya Addendum yakni penambahan atau mengurangi volume dari kontrak, Menambah jenis pekerjaan, Mengolah spesifikasi pekerjaan atau Mengubah jadwal.

Untuk pelaksanaan pembangunan jalan usaha tani (JUT) desa Grugu sendiri mengalami penambahan perjanjian yang ada kontrak atau perjanjian yang berarti klausula pasal yang secara fisik terpisah dari pokok perjanjian namun secara hukum melekat kepada perjanjian pokok.

Dengan adanya pembangunan jalan usaha tani (JUT) yang dilakukan, Para petani merasa senang pasalnya akses tersebut merupakan akses utama jalan menuju lokasi pertanian sehingga petani dalam melakukan aktifitas tak lagi mengalami kesulitan untuk menunjang dalam mempermudah lalu-lintas ketika musim panen tiba.

Sementara itu Muhammad Ikhsanudin  
selaku ketua UPKK Gapoktan Sumber Rejeki desa Grugu, Saat ditemui, Slasa (28/07) Mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap atas realisasi yang telah diberikan dari 11 desa se Kabupaten Cilacap termasuk desa Grugu yang mendapat   
realisasi sehingga kegiatan pembangunan jalan usaha tani (JUT) ini dapat terlaksana dan dikerjakan dengan baik.


Untuk hasil pembangunan akses jalan ini semoga bermanfaat khususnya bagi para petani dalam menjalankan aktifitas pertanian sehingga diharapkan mampu meningkatkan tarap ekonomi masyarakat dibidang industri pertanian khususnya sektor pangan yang telah didukung dengan adanya akses jalan yang memadai.

Dijelaskan Ikhsan bahwa, terkait pembangunan yang seharusnya selesai namun hasil pekerjaan baru 90 persen disebabkan faktor alam yang tidak mendukung yakni terjadi banjir sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pekerjaan pembangunan oleh karena itu kami mengajukan addendum.

Harapan Ikhsan selaku ketua UPKK Gapoktan Sumber Rejeki desa Grugu kepada Dinas pertanian agar Pembangunan jalan usaha tani yang belum terealisasi sepanjang 1500 Meter untuk dilanjutkan kembali agar para petani dalam menikmati kemudahan transportasi mulus tak terkendala hingga sampai di titik akhir," ucap Ikhsan penuh harap.

(Tun.D)


Tidak ada komentar

<