< Pembobol Brankas Uang PJPU Berhasil Diamankan Satreskrim Polres Cilacap - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Pembobol Brankas Uang PJPU Berhasil Diamankan Satreskrim Polres Cilacap

<


Cilacap-Jateng,- bentengindonesia.com
Satreskrim Polres Cilacap kembali berhasil mengamankan dan menangkap tersangka pembobol brankas uang Perusahaan Jasa Pengiriman Uang (PJPU). Tersangka sempat menjadi buron (DPO) selama satu setengah bulan sampai akhirnya tersangka RU (35) dapat berhasil ditangkap, Senin (20/07).

Tersangka merupakan eks pekerja perusahaan dalam aksinya pelaku menggunakan congkel berupa kawat untuk bisa membuka brankas uang berisi senilai Rp 50.000.000.

kejadian berawal ketika salah seorang karyawan PJPU, Erwin menjalankan tugas untuk menarik sisa uang yang berada dalam mesin ATM di Kabupaten Cilacap.

Selesai melakukan tugas penarikan uang tersebut ditaruh dalam brankas untuk kemudian dibawa ke kantor PJPU di Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah. Tugas pekerjaan kemudian dilanjutkan dengan menyerahkan brankas tersebut kepada pekerja lain yakni Udin (21) lalu secara estafet uang hasil penarikan kembali dihitung ulang oleh Azis (21).

Selesai dilakukan penghitungan uang kembali diletakan di meja ruangan yang terkunci rapat dan diperkirakan  steril dari segi keamanan.

Namun siapa sangka ketika salah seorang Karyawan PJPU kembali ke ruang penyimpanan untuk melanjutkan penghitungan telah mendapati plafon ruang penyimpanan kondisinya rusak dan berlobang.

Mengetahui hal tersebut Pihak PJPU segera melaporkan kejadian ke Pihak Kepolisian Polres Cilacap.

Menanggapi hasil laporan dengan sigap Satuan Reskrim Polres Cilacap segera ambil tindakan dengan melakukan olah TKP di tempat kejadian perkara guna melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi untuk dimintai keterangan guna pemeriksaan lebih lanjut.


Hasil olah TKP berdasarkan penyelidikan terhadap sejumlah saksi dengan berbagai bukti-bukti yang menguatkan melalui CCTV rekaman  
dugaan pelaku pembobolan mengarah kepada RU mantan OB di Perusahaan PJPU dimana RU pernah bekerja.

"Dugaan menguat dan mengarah terhadap RU sebagai tersangka yang telah membobol brankas dan berhasil membawa kabur uang pecahan Rp 50.000 sebanyak Rp 50.000.000," ungkap Kapolres Cilacap, AKBP Dery Agung Wijaya dalam konfrensi press di Mapolres Cilacap, Rabu (22/07).

Butuh waktu selama satu setengah bulan guna pencarian hingga tersangka dapat ditemukan untuk selanjutnya dilakukan penangkapan.

Lebih lanjut Dery mengungkapkan bahwa, pelaku dalam hal ini sudah memahami situasi kebiasaan yang dilakukan karyawan kantor di Perusahaan PJPU sehingga tersangka tidak mengalami kesulitan saat melakukan aksi kejahatannya.

Dari tangan tersangka RU, Polisi berhasil mengamankan dan menyita berupa 1 Unit sepeda motor Satria FU berikut Surat bukti kepemilikan BPKB, 1 Unit Hp merk Samsung sebagai alat bukti. Uang hasil pencurian sudah digunakan tersangka untuk kebutuhan dari sisa uang hasil kejahatan sebagian masih ada sekitar Rp 15.000.000," ucap Kapolres. 

Dihadapan Awak Media tersangka mengakui semua perbuatan yang dilakukan, Tersangka mengaku pernah bekerja di Perusahaan PJPU dengan selesai habis masa kontrak kerja. Dalam aksinya tersangka mengaku menaiki genteng kantor PJPU kemudian membuka genteng lalu masuk melalui plafon tepat di posisi dimana ruang penyimpanan brankas berisi uang berada.

Tersangka paham betul dengan situasi kondisi kantor sehingga dengan mudah tersangka dapat melancarkan aksi pencurian tanpa mengalami kesulitan dengan alasan kesulitan untuk mencari pekerjaan setelah tidak lagi bekerja di kantor PJPU lantaran masa kontrak tak lagi diperpanjang sehingga tersangka nekad melakukan perbuatan melanggar hukum.

(Tun.D/red)

Tidak ada komentar

<