< Tingkatkan Daya Ekspor SIG Dorong Produk Gula Semut Cilacap - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Tingkatkan Daya Ekspor SIG Dorong Produk Gula Semut Cilacap

<


Cilacap-Jateng,- bentengindonesia.com
Banyaknya produk gula kelapa hasil petani kabupaten Cilacap memicu program pengembangan salah satu produk unggulan yang mampu bisa mendongkrak daya ekspor hasil produk berkwalitas. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk  melalui Departemen CSR dalam program SIG Cerdas ikut mendorong peningkatan ekspor gula semut yang di produksi petani penderes Kabupaten Cilacap.

Dalam mensukseskan program tersebut, SIG bekerjasama atau sinergi dengan Perhimpunan SETARA menggelar pelatihan dan pendampingan selama tiga hari dari 21 hingga 23 Juli 2020  dengan tema Pelatihan Peningkatan Teknik Produksi Gula Kelapa Kristal Kualitas Ekspor dan Bantuan Peralatan Produksi.


Pada pelatihan yang digelar diikuti sedikitnya oleh 30 warga, mereka masing-masing sebagai petani penderes gula kelapa  yang berasal dari wilayah Cilacap Barat , Tengah dan Timur.

"Selama dalam pelatihan para petani penderes gula kelapa  mendapatkan edukasi berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan seperti halnya mengenai standar mutu produk gula, good manufacturing practice (GMP) dan peningkatan mutu gula kelapa murni," kata Edy Saraya , General Manager of  CSR SIG.

Dengan metode pelatihan 50% teori sementara 50% untuk praktek maka diharapkan para petani mampu memiliki pengetahuan mengenai cara-cara atau tekhnik membuat produk gula kelapa kristal atau gula kelapa semut yang berkualitas serta memiliki standar ekspor yang memadai. Nantinya gula semut hasil produk para petani ini akan kami ekspor ke negara –negara seperti Timur Tengah dan Eropa. 


Untuk wilayah Kabupaten Cilacap tak kurang dari 1237 penderes bahkan lebih setiap hari sebagai pengrajin gula kelapa. Melihat dari jumlah penderes exsis sebagai dasar memicu untuk lebih meningkatkan dan sangat potensial untuk memajukan produksi gula semut Cilacap.

Banyaknya potensi pohon kelapa merupakan daya dukung sebagai sumber air nira salah satu bahan baku utama pembuatan gula kelapa.
Peningkatan produksi gula yang dibarengi dengan peningkatan mutu kwalitas akan mempengaruhi meningkatnya hasil pendapatan para petani gula karena harga jual gula semut kualitas ekspor lebih mahal dibanding gula yang beredar dipasaran sebagai konsumsi lokal," tutupnya.

(Tun.D/red)

Tidak ada komentar

<