< Menyambut Tahun Baru 1442 H dan Peringati HUT RI Ke-75, Warga Sidasari Mengadakan Acara Tahlil Akbar - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Menyambut Tahun Baru 1442 H dan Peringati HUT RI Ke-75, Warga Sidasari Mengadakan Acara Tahlil Akbar

<


Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Menyambut datangnya tahun baru Hijriyah 1442 dan  Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke- 75 tahun 2020, berbeda dengan menyambut pergantian tahun Masehi yang biasanya di adakan dengan menggelar pesta kembang api dan berbagai hiburan.

Hal ini berbeda dengan apa yang dilakukan warga Sidasari Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari yang hanya menggelar Acara Tahlil Akbar guna mendoakan arwah para pejuang, para ulama, para kyai yang telah gugur membela bangsa, negara dan agama, Acara Tahlil Akbar tersebut di adakan di halaman Masjid Miftahul Huda Penanggungan, Rabu (19/8/2020) malam.

Hadir dalam acara tersebut, Simbah Kyai Taefur mu'alim selaku Pengasuh Masjid Miftahul Huda, Sutiman Kepala Dusun Sidasari, tokoh agama, tokoh masyarakat, para Ketua RW/RT dan warga Sidasari.



Dalam sambutanya Sutiman, Menyampaikan terkait dengan pemerintahan, saya merasa bersyukur dengan adanya bantuan dari pemerintan, bahwa warga saya sudah  menerima semuanya, dari sumber anggaran yang berbeda, dari mulai Bansos Propinsi, Kabupaten, ADD-DD dan bantuan lain dalam penanganan  pencegahan Covid-19.

Menurut Sutiman, sedikit kami sampaikan terkait dengan makna angka 17 itu ada 3 hal, pertama angka 17 di bulan Agustus bangsa indonesia memperingati HUT  Kemerdekaan RI, yang kedua sesuai dengan kita sebagai umat muslim wajib menjalankan ibadah sholat 5 waktu dengan jumlah Roka'at seluruhnya 17 dan di bulan suci ramadhan yang bertepatan dengan Nuzulul Qur'an.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran panitia atas terselenggaranya acara Tahlil Akabr pada malam hari ini, mudah mudahan acara seperti ini bisa di laksanakan setiap datangnya tahun baru Hijriyah 1 Muharom," harap Kadus.

Sutiman juga mengingatkan di masa pandemi saat ini, semua warga tetap selalu berhati hati, menjaga kebersihan, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.



Acara di awali dengan  Santunan anak yatim piatu oleh anak - anak  Sidasari yang ada di perantauan, dalam hal ini di wakili oleh Munakim Selaku Ketua Paguyuban Anak Rantau Sidasari bersatu.

Tahlil Akbar di Pimpin langsung oleh Simbah Kyai Taefur Mu'alim Selaku Pengasuh Masjid Miftahul Huda Penanggungan Sidasari, terlebih dahulu dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh semua hadirin, Pembacaan ayat-ayat Suci Al-Qur'an oleh Iwan Kurniawan salah satu Alumni Santri yang menuntut ilmu di Madin Miftahul Huda Penanggungan Sidasari.

Dalam tauziah'nya Simbah Kyai Taefur Mu'alim menyampaikan, betapa pentingnya memberikan sedekah kepada anak yatim piatu, sebaik baiknya rumah yang didalamnya terdapat anak yatim, bila anak yatim tersebut di muliyakan kehidupannya dari segala kebutuhannya, niscaya Alloh SWT akan memudahkan dari segala urusannya, begitu juga dengan sebaliknya, seburuk buruknya rumah yang didalamnya terdapat anak yatim, tetapi menelantarkannya maka niscaya Alloh SWT juga akan mempersulit kehidupannya.

Puncak Acara Tahlil Akbar dengan menggelar doa bersama kepada semua pendahulu kita dan di akhiri pemotongan tunpeng dengan memanjatkan rasa syukur acdengandengaan Tahlil Akbar berjalan lancar.

( DARTO )


Tidak ada komentar

<