< Anggota DPRD Kabupaten Cilacap Menghadiri Acara Suran Warga - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Anggota DPRD Kabupaten Cilacap Menghadiri Acara Suran Warga

<

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com
Bagi orang jawa Suran adalah momentum menghadapi tahun baru Sura (Muharam) dimanfaatkan masyarakat dengan melakukan banyak kegiatan yang bernuansa tradisi (tradisi turun temurun) dalam upaya pendekatan spiritual kepada yang Maha Kuasa, seperti melakukan tirakatan, tasyakuran, tumpengan dan banyak kegiatan lain yang dilakukan masyarakat dalam melakukan kegiatan Suran.

Sura merupakan nama bulan pertama dalam kalender jawa, 
Istilah Asyura adalah hari kesepuluh dari bulan Muharam, di mana pada tanggal 10 Muharram tersebut terdapat banyak mitos terkait dengan Kemukjizatan, masyarakat jawa sering menyebutnya Suran atau Sedekah Bumi.


Masyarakat jawa secara tradisi melakukan hal tersebut sebagai wujud syukur kepada  Tuhan YME atas nikmat dan pemberiannya, atas nikmat tersebut masyarakat Dusun Sindeh juga menggelar tasyakuran, tumpengan dan doa bersama di pelataran rumah "Indah Fsis" Kepala Dusun Sindeh Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu, masyarakat sekitar berbaur dan berkumpul, hal serupa juga di selenggarakan tiap datangnya bulan sura dalam tiap tahun.

Luar biasa kegiatan dilaksanakan penuh kekompakan dan kekeluargaan, menghayati dalam hidupnya dengan senantiasa mensukuri pemberiannya dari Tuhan YME, juga sebagai wahana kerukunan antar warga, untuk terus di tumbuh kembangkan subur di masyarakat, sebagai tradisi leluhur turun temurun," terang H.A. Muslikhin, S.H.,M.Si  Anggota DPRD Kabupaten Cilacap turut hadir dalam acara.


Kehadiran Anggota DPRD tersebut sedikit banyak membawa angin segar terkait program kemajuan desa, seperti program perluasan PJU (penerangan jalan umum) dan program pengembangan pembangunan lain untuk desa Wringinharjo.

Sekdes Imam Ma'ruf Mewakili Pemerintah Desa Wringinharjo menerangkan seputar informasi pemerintahan desa dan seputar penanganan Covid-19.

Acara di tutup dengan menggelar doa dan tahlil bersama oleh tokoh agama setempat, Selasa Kliwon (1/9/2020)

#(Sugeng.S)

Tidak ada komentar

<