< Apel Gelar Pasukan Oprasi Mantap Praja 2020 Diikuti Oleh Perwira, Kapolsek Hingga Bintara Di Jajaran Kepolisian Polres Cilacap - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Apel Gelar Pasukan Oprasi Mantap Praja 2020 Diikuti Oleh Perwira, Kapolsek Hingga Bintara Di Jajaran Kepolisian Polres Cilacap

<

Cilacap-Jateng,- bentengindonesia.com
Kepolisian Resort (Polres) Cilacap, Polda Jateng menggelar apel pasukan sekaligus gelar apel kendaraan dinas. Apel gelar pasukan yang dilakukan merupakan "Imbangan tahun 2020" yang diberi nama Operasi Mantap Praja dan diikuti oleh Waka Polres Cilacap, para Kabag dilingkup Polres Cilacap, para Kasat dan Kapolsek di Jajaran Polres Cilacap, para Perwira, Bintara, PNS Polri Polres Cilacap serta segenap tamu undangan.

Dalam amanat yang disampaikan Kapolres Cilacap, AKBP Derry Agung Wijaya, Mengatakan, sejarah perkembangannya, Indonesia menganut sistem demokrasi langsung, artinya rakyat menjadi penentu pada setiap perhelatan pesta demokrasi. Untuk itu, pada episode yang kesekian kalinya di 9 (sembilan) Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota di Indonesia akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan total jumlah 270 daerah.

"Angka tersebut merupakan jumlah yang cukup besar jika dibandingkan dengan jumlah angka Pilkada sebelumnya. Khusus di Jawa Tengah ada 21 Kabupaten/Kota yang akan menggelar pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut," jelas Kapolres, Selasa (08/09/2020) di lapangan Krida, Cilacap Utara.

Lebih lanjut Kapolres, Menjelaskan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara tekhnis telah mengungkapkan beberapa alasan ditengah pandemi Covid-19, namun pilkada tetap harus dilaksanakan karena perputaran roda pemerintahan harus berjalan, walaupun di era new normal adaptasi kebiasaan baru kita tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan membudayakan 3 M dan 1 T yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta hindari kerumunan atau tidak berkumpul.


"Meski di tahun 2020 ini Kabupaten Cilacap tidak melaksanakan Pilkada, tetapi kita mendukung giat dimaksud, apabila Satuan samping membutuhkan bantuan seperti Polres Purbalingga atau Polres Kebumen, maka kita siap memberikan dukungan dan bantuan. Demikian pula sebaliknya, apabila nanti pada saat Kabupaten Cilacap melaksanakan giat yang sama, maka kita juga perlu bantuan kepada Satuan Samping," tandas Kapolres.

Dalam sela amanatnya, Kapolres juga melaporkan kekuatan sarana dan prasarana Polres Cilacap yakni meliputi, kendaraan roda dua sebanyak 246 terdiri dari kendaraan patroli 103 unit, kendaraan bhabinkamtibmas 96, kendaraan Oprasional staf 37, kendaraan taktis 5 serta kendaraan khusus 5 unit. Untuk kendaraan roda empat sebanyak 95 kendaraan terdiri dari kendaraan jabatan 2 unit Kendaraan oprasional staf 30, kendaraan patroli 46, kendaraan khusus 14, kendaraan taktis 3, dan kendaraan roda enam sebanyak 8 kendaraan terdiri dari kendaraan oprasional staf 4, kendaraan taktis 1, dan kendaraan khusus 3.

"Dalam mendukung operasi Mantap Praja Imbangan tahun 2020, pengamanan penuh akan kita gelar seperti persiapan personil, keamanan Markas Komando (Mako), dan persiapan sarana dan prasarana. Oleh karena itu kita perlu melakukan identifikasi antisipasi terhadap setiap kerawanan yang sewaktu-waktu bisa muncul, karena setiap daerah memiliki potensi kerawanan yang berbeda. Kategori rawan dapat dilihat dari beberapa faktor, indikatornya bisa dilihat dari rawannya kejahatan, intensitas unjuk rasa, dan penyebar konten hoax," bebernya.


Kapolres, Menegaskan, Polri siap mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak yakni pada 9 Desember 2020 mendatang yang berjalan secara demokratis, Luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia) serta Jurdil (jujur dan adil). Polri harus menjaga netralitas, dan akan diberikan sanksi tegas kepada aparat kepolisian yang bermain politik. Disamping itu di tengah situasi pandemi seperti saat ini, keselamatan dan keamanan dari Covid-19 harus menjadi perhatian utama.

"Saya berpesan kepada seluruh anggota yang hadir pada apel yang digelar, agar senantiasa tetap menjaga kesehatan dan keamanan, baik diri personil maupun keluarga dalam situasi pandemi Covid-19, patuhi protokol kesehatan dalam menjalani tatanan kehidupan baru atau adaptasi kebiasaan baru di setiap kegiatan yang bersifat kedinasan maupun diluar dinas," pesan Kapolres.

Diakhir amanat dalam rangka apel gelar pasukan, Kapolres menekankan agar seluruh anggota kepolisian Polres Cilacap untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi Operasi Mantap Praja imbangan tahun 2020. Maksimalkan peran intelijen, Bhabinkamtibmas untuk mengamati situasi dan kondisi yang berkembang setiap saat. Tetap bersikap profesional dan proporsional serta selalu memperhatikan norma-norma dan etika, sehingga kita dapat menciptakan iklim yang kondusif. Rencanakan CB (cara bertindak) secara tepat dan terarah serta saling berkoordinasi antar fungsi maupun instansi terkait. Tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan membudayakan 3 M dan 1 T (menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkumpul).

"Seluruh anggota Polri harus bersikap netral. Tetap jaga kesehatan, keselamatan dan keamanan. Saya yakin, dengan kerja keras dan ikhlas dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Polri serta selalu berdo’a dengan tulus kepada Allah SWT, maka keamanan dan ketertiban serta kenyamanan akan selalu terwujud di wilayah hukum Polres Cilacap," paparnya.

(Tun.D/red)

Tidak ada komentar

<