< Rakor Sekaligus Peringati Hari Ibu Tim Penggerak (TP) Pkk Desa Ujungmanik Gelar Lomba Kreasi Taman Bunga - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Rakor Sekaligus Peringati Hari Ibu Tim Penggerak (TP) Pkk Desa Ujungmanik Gelar Lomba Kreasi Taman Bunga

<

 

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Peringatan Hari Ibu jatuh pada 22 Desember berbagai acara dilakukan untuk mengenang hari yang penuh kemuliaan tentang perjuangan seorang ibu merupakan pahlawan tanpa jasa, berkorban tanpa meminta, memberi  

tanpa berharap.

Untuk penghargaan jasa seorang ibu patut diperingati untuk menciptakan inspirasi menampilkan kreasi dan kreatifitas sebagai bentuk penghormatan atas pengorbanan yang diberikan sosok Ibu dengan penuh keikhlasan.

Untuk mengenang momen tersebut berbagai cara diupayakan seperti halnya yang dilakukan Tim Penggerak (TP) Pkk Desa Ujungmanik dalam memperingati Hari Ibu kali ini menggelar lomba kreasi taman bunga.

Acara digelar di halaman Pendopo balai desa Ujungmanik, Rabu (23/12/2020) diikuti 7 peserta dari masing-masing Rw meliputi Rw 01, Rw   

02, Rw 03, Rw 04, Rw 05, Rw 06 dan Rw 07. Pada peringatan Hari Ibu tahun ini TP Pkk desa Ujungmanik mengusung tema " Perempuan Berdaya Indonesia Maju".

Hadir pada kesempatan acara, Kepala desa Ujungmanik Sugeng Budiyatno beserta segenap perangkat,  

Ketua TP Pkk desa Ujungmanik Erni Indrawati, Praktisi tanaman hias Rini Walupi, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) wilayah utara Sumardi, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) wilayah selatan Ashianto, Tim penggerak Pkk tingkat Rt, tingkat Rw, Kader Posyandu Dasa wisma desa Ujungmanik.

Kepala desa Ujungmanik dalam sambutan mengucapkan trimakasih kepada semua jajaran pengurus Pkk inti, tingkat Rt hingga Rw, Dewan juri yang sudah berkenan hadir pada acara yang digelar, kader posyandu desa Ujungmanik.



"Rasa syukur tak lupa ia panjatkan kepada Tuhan semesta alam dengan limpahan berkah dan rahmatnya sehingga kegiatan acara rutinan penghujung ahkhir tahun 2020 Rapat koordinasi (Rakor) Pkk desa Ujungmanik dapat terlaksana," ucapnya.

Bersamaan dengan peringatan hari Ibu yang ke-92  

tak lupa juga salam dan hormat serta ucapan selamat kepada kaum Ibu pada peringatan hari yang sangat mulia.

Dalam situasi pandemi dengan adanya wabah covid-19 meski kegiatan belum diperbolehkan namun upaya agar semua bisa berjalan dengan baik untuk selalu menaati apa yang menjadi himbauan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan "Alkhmdulilah" acara dapat digelar dengan lancar," terangnya.

Disela kegiatan Rakor Pkk sekaligus lomba kreasi bunga dalam rangka memperingati hari Ibu ke-92, Kades menyampaikan perihal tentang kegiatan pembangunan desa ditengah pandemi untuk tahun 2020 banyak perubahan ataupun hal baru yang harus diikuti bersama," katanya.

Terkait covid-19 kades menghimbau agar selalu menjaga kesehatan jaga imun supaya tubuh semakin kuat dan senantiasa untuk selalu menjaga kebersihan.

Dampak dari corona bukan hanya kesehatan namun perekonomian terpuruk bahkan berdampak pada sosial. Ditahun 2020 ini praktis semua kegiatan pembangunan desa dialokasikan untuk penanggulangan covid-19 hanya beberapa kegiatan yang dilaksanakan," tegas kades.

Dalam momen yang berbahagia bertepatan dengan  

hari Ibu yang sedang diperingati bersama mari jaga kekompakan bersama guyub rukun jalin persatuan dan kesatuan bersama untuk Ujungmanik yang lebih baik. Situasi pandemi dengan digelarnya lomba kreasi taman bunga mari berupaya untuk saling menjaga dan merasa memiliki demi terlaksana Pkk desa Ujungmanik yang lebih maju. Waspada selalu pakai masker, rajin cuci tangan pakai air yang mengalir, kurangi kerumunan salah satu cara untuk melawan pandemi virus covid-19 mudah-mudahan dengan kesadaran bersama virus covid cepat berlalu," harap kades.

Hal yang sama disampaikan Ketua Tim Penggerak (TP) Pkk desa Ujungmanik Erni Indrawati, Erni menegaskan acara kegiatan yang digelar dalam situasi pandemi tetap tawakal jaga selalu kesehatan yang terpenting sehat untuk jasmani dan sehat rohani.

Pada peringatan hari Ibu

yang diperingati setiap tanggal 22 desember yang mestinya jatuh pada hari selasa namun karena sesuatu hal acara tertunda. Inti dari peringatan yakni tetap lah berbuat baik hormati orang tua doakan yang terbaik untuk mereka kesehatan dan panjang umur. Door prize juga diberikan Ketua TP  

Pkk desa Ujungmanik untuk anggota Pkk dalam menyanyikan lagu "Kasih Ibu".

Sementara itu Sumardi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas pertanian wilayah utara, mengucapkan trima kasih atas kehormatan diberi kepercayaan sebagai dewan juri.  

pada acara lomba kreasi taman bunga di desa Ujungmanik.



Juri terdiri dari 3 orang yang berasal dari Praktisi, Dinas Pertanian dan Kecamatan. Namun karena suatu hal dari Kecamatan tidak hadir sehingga untuk juri dua dan juri tiga semuanya dari dinas pertanian," ucap Sumardi.

Ada 4 kategori untuk menjadi kriteria dalam penilaian juri diantaranya, Pemanfaatan tanaman lokal, Manfaat tanam, Keserasian serta Variasi tanaman dari keempat kriteria nantinya dibagi tiga masing-masing bertanggung jawab memilih sesuai kriteria diakhir penilaian juri akan direkap dan dijumlah untuk nilai terbesar keluar sebagai pemenang. Mari jadikan lomba ini untuk selalu mengedepankan persatuan dan kekompakan keputusan juri tidak bisa diganggu gugat namun demikian juri tetap profesional," tandasnya.

"Puji syukur kehadhirat Alloh Swt atas nikmat dan karunia sehingga dapat hadir pada acara Rakor Pkk akhir tahun 2020," jelas Rini Walupi, Praktisi tanaman hias.

Rini menambahkan pada lomba yang diadakan terlihat semangat yang luar biasa terpancar dari wajah ibu-ibu yang hadir.

Kehormatan yang luar biasa ia didaulat menjadi juri pada lomba yang digelar keputusan yang sangat berat ketika juri memilih diantara mereka untuk dinyatakan pemenang semua bagus semua baik dan kompak tentunya, tujuan untuk membuat lomba kreasi taman Pkk merupakan wujud atau mengaplikasikan program pokok Pkk pokja 3 yakni memanfaatkan pekarangan," tambahnya.

Namun demikian kriteria yang sudah ditetapkan berdasarkan komunikasi beserta dewan juri sebagai acuan dasar penilaian.

Rini berharap kepada seluruh peserta nantinya bisa menerima keputusan hasil dan keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat tetapi kami berupaya dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk memberikan penilaian yang obyektif," tutupnya.

Perlombaan dalam acara peringatan hari Ibu ke-92 yang diselenggarakan dihalaman pendopo desa Ujungmanik dimenangkan Rw.07 selaku juara I sementara untuk Rw. 06 juara II dan juara III diraih Rw.02 untuk juara harapan peringkat IV oleh Rw.04, peringkat V yakni Rw.03, selanjutnya peringkat VI yaitu Rw.05 dan untuk peringkat VII adalah Rw.01.

Tunjang.D


Tidak ada komentar

<