< Tingkatkan Peran Linmas, PemKec Jeruklegi Gandeng TNI-Polri Berikan Pelatihan Tanggap Bencana - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Tingkatkan Peran Linmas, PemKec Jeruklegi Gandeng TNI-Polri Berikan Pelatihan Tanggap Bencana

<

 

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Tingkatkan peran Linmas (Pelindung Masyarakat) di wilayahnya, Pemerintah Kecamatan Jeruklegi menggandeng Aparat TNI Koramil 02 dan Polsek Jeruklegi guna memberikan pelatihan Tanggap Bencana bagi Linmas Desa Jeruklegi Kulon yang digelar di Balai Desa Jeruklegi Kulon Kecamatan Jeruklegi, Selasa (29/12/20).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Camat Jeruklegi Rosikin, S.Sos., MM., Danramil 02/Jeruklegi Kapten Inf Taryun, Kasi Trantibum Kecamatan Jeruklegi Syihab Alfaritsi, S.Sos. yang juga menjabat sebafai Pj. Kades Jeruklegi Kulon, Batuud Koramil 02/Jeruklegi Peltu Ismanto, Babinsa Serda Harjanto, Bhabinkamtibmas Aiptu Giri Yuwono dan perwakilan anggota Satpol PP Jeruklegi, Sukiman. Pelatihan diikuti oleh 30 orang anggota Linmas Desa Jeruklegi Kulon.



Diawal sambutannya, Camat Jeruklegi Rosikin S.Sos. MM menjelaskan bahwa peran anggota Linmas di desa sangat penting guna memberikan rasa aman dan nyaman di lingkungan masyarakatnya. Untuk itu, setiap anggota Linmas harus terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya agar semakin mantap dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dalam menjaga stabilitas keamanan lingkungan.

"Linmas sebagai garda terdepan di desa harus terus meningkatkan kemampuannya dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman di lingkungannya termasuk dalam penanggulangan bencana khususnya dalam penanganan Covid-19 di desa," jelasnya.

Begitu halnya yang disampaikan Danramil Jeruklegi Kapten Inf Taryun. Dia mengatakan bahwa salah satu tugas anggota Linmas adalah membantu menjaga keamanan masyarakat di lingkungannya. Namun dalam pelaksanaannya, linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melalui koordinasi kepala desa setempat selaku pengendali langsung linmas.



"Walaupun selama ini Desa Jeruklegi Kulon sudah tertib, aman dan kondusif, dan dengan adanya pembekalan ini diharapkan akan lebih meningkatkan kemampuan anggota linmas dalam penanganan bencana yang terjadi di wilayahnya," terang Danramil. 

Dalam pelatihan tersebut, anggota Linmas juga diberikan materi wawasan kebangsaan dan Bela Negara yang diberikan oleh anggota Koramil 02/Jeruklegi berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Pengaturan lalu lintas yang disampaikan oleh Aparat Kepolisian dari Polsek Jeruklegi.

#(Sugeng.S/Urip)


Tidak ada komentar

<