< Kunjungi Area PLTU Adipala dan PLTU Karangkandri, Dandim Cilacap: Keamanan Obvitnas Tanggung jawab Bersama - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Kunjungi Area PLTU Adipala dan PLTU Karangkandri, Dandim Cilacap: Keamanan Obvitnas Tanggung jawab Bersama

<

 

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, SIP didampingi Kepala Staf (Kasdim) Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo beserta Pejabat Perwira Intelejen kembali melakukan kunjungan ke wilayah, kali ini rombongan mengunjungi obyek vital nasional (Obvitnas) yang ada di wilayah Kecamatan Adipala dan Kecamatan Kesugihan, yakni area Indonesia Power /PT. PLN (Persero) PLTU Adipala dan PT. Sumber Segara Primadaya (S2P) yang biasa disebut PLTU Karangkandri, Kamis (14/1).

Adapun kunjungan ke Area PLTU Adipala, Dandim beserta rombongan disambut langsung General Manager(GM) PLTU Adipala Kukuh Pambudi didampingi Stafnya antara lain Manager Administrasi Yus Yudiono, Humas Joko Suprianto, Koordinator Security Agil. 

Dalam kegiatan tersebut, GM PLTU Adipala Kukuh Pambudi memperkenalkan profil singkat pembangkit listrik  tenaga Uap milik PT. PLN (Persero) 2 Jawa Tengah (1 X 660 MW) yang berlokasi di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Selain itu dilakukan penandatangan nota kesepahamaan (MoU) antara PT. PLN PLTU Adipala dengan pihak Kodim 0703/Cilacap.



Dalam kesempatan itu, GM Kukuh Pambudi mengatakan pihaknya sebagai BUMN tentunya perlu bekerja sama dengan TNI Polri, Pemerintah daerah dan instansi terkait dalam kegiatan operasional untuk mendukung pembangunan energi nasional. 

"Kami harus membina hubungan, kami juga harus menjalin komunikasi yang baik dengan segenap komponen tersebut. Karena kita tidak tahu kejadian atau potensi ancaman pada obyek vital milik negara ini. Jadi peran Kodim Cilacap juga sangat startegis dalam mewujudkan situasi yang kondusif," katanya.

Selain itu, Dandim beserta rombongan juga berkesempatan meninjau beberapa fasilitas dan proses operasional yang ada di area PLTU Adipala. 



Tak hanya itu, kunjungan selanjutnya menuju ke PT. S2P (PLTU Karangkandri), disana Dandim disambut langsung Direktur Teknik dan Operasi Irvan Rahmat didampingi para Stafnya. Usai ramah tamah, Dandim juga melakukan hal serupa yaitu peninjauan ke salah satu fasilitas pembangkit listrik yang berkapasitas 1 X 1000 MW.

"Kami datang mengajak unsur Staf Kodim ada Kasdim, Pasintel, Komandan Unit Intel dan Penerangan (Pen) Kodim sebagai bentuk kolaborasi agar mereka tahu beginilah yang harus dilaksanakan oleh TNI Polri dengan keberadaan obyek vital nasional (Obvitnas) dalam hal ini PLTU Adipala dan PLTU Karangkandri," ucap Dandim.

Lebih lanjut, "Kami sebagai unsur TNI Polri memiliki tanggungjawab terkait membantu pengamanan obyek vital nasional, seperti yang diatur dalam UU RI No. 34 tahun 2004. Perlu dicermati bahwa obvitnas adalah tanggung jawab kita bersama, apalagi melihat fungsi strategis dari 2 PLTU Jawa Tengah ini yang turut berperan dalam mensuplay kebutuhan energi listrik Jawa Bali, " tegasnya.

#(Sugeng.S/Urip)


Tidak ada komentar

<