< Kejaksaan Negeri Cilacap Gandeng Pengadilan Negeri Cilacap Wujudkan Pembangunan Bersama Zona Integritas - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Kejaksaan Negeri Cilacap Gandeng Pengadilan Negeri Cilacap Wujudkan Pembangunan Bersama Zona Integritas

<

 

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Pembangunan bersama Zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) serta wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) dicanangkan, bertempat di ruang  Sidang Wijaya Kusuma, Pengadilan Negeri (PN) Cilacap, Kamis (25/02/2021).

Hadir dalam kegiatan yang digelar, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap  Taufik Nur Hidayat,  

Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, PSC, M.S, Lanal Cilacap, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi, S.I.P, Kabag Ren Polres Cilacap Kompol Agus Subiyanto, A. MD, S.H, M.M.

Kajari Cilacap Timotius Tri Ari Mulyanto, S.H, M.H, Kepala Pengadilan Negeri Cilacap Sukri Sulimin, S.H, M.H, Wakil Ketua Pengadilan Agama Cilacap Drs. H. Asrori, S.H, M.H, Kepala Rupbasan Cilacap Wahyu Budi Heriyanto, Ketua Peradi Kabupaten Cilacap   Johan Sarijo, S.H, M.H, Ketua Aspekindo Panji Widodo, S.H, M.H, beserta tamu undangan.

Pencanangan dalam rangka mewujudkan birokrasi bersih berintegritas sebelumnya dibuka dengan terlebih dahulu mengumandangkan lagu kebangsaan  Indonesia Raya dan dinyanyikan bersama-sama oleh semua yang turut hadir dalam acara yang digelar.

Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap, Timotius Tri Ari Mulyanto dalam sambutannya menyampaikan, Pencanangan bersama dalam rangka pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi untuk menciptakan wilayah birokrasi yang bersih dan melayani merupakan kerjasama antara Kejaksaan Negeri Cilacap dan Pengadilan Negeri Cilacap," ucapnya.

Adanya kebersamaan sangat diharapkan agar semua permasalahan yang ada bisa diselesaikan dengan baik. 

Timotius menandaskan, Dari dulu Kejaksaan Negeri Cilacap sudah WBK untuk itu Kejari menggandeng Pengadilan Negeri untuk mewujudkan  Zona Integritas untuk menyatukan visi penegakan hukum yang bersih. Pengadilan merupakan benteng terakhir dalam upaya penegakan," tuturnya.

Tentunya ia berpandangan tanpa adanya komitmen, kita tidak akan mencapai apa yang menjadi tujuan dalam mewujudkan Zona integritas, acara yang digelar tidak hanya menjadi seremoneal tapi harus bisa mengubah menjadi kesungguhan kami bersama kawan-kawan sebagai aparat penegak hukum untuk dituntut seyogyanya harus WBK.

Kejari Cilacap ingin memujudkan lembaga yang bersih dan berwibawa tujuan itu tentunya sulit dan penuh tantangan. Yang perlu kita hadapi di antaranya sarana dan prasarana yang dinilai kurang. Namun dengan upaya koordinasi bersama pemerintah daerah  untuk Kantor Kejari Cilacap rencananya akan di relokasi.



Kami ingin perubahan memberi pelayanan dengan cara melakukan pendekatan secara humanis kepada masyarakat, Kami sediakan aduan masyarakat secara online untuk itu kami minta dukungan guna mewujudkan hal tersebut. Slogan kami adalah "Satu Hati Melayani, Bersama Kita Bisa," tegas Timotius.

Sementara itu, Kepala Pengadilan Negeri Cilacap Sukri Sulimin, Menyampaikan, Ditengah situasi pandemi Covid-19 tak lepas untuk selalu menerapkan  

Prokes seperti halnya pada acara yang dilakukan dengan mensheting ruangan serta membatasi tamu yang hadir.

Lanjut Sukri bahwa, Pengadilan Negeri Cilacap melaksanakan pencanangan bersama pembangunan Zona integritas menuju WBK dan WBBM sudah kali kedua," katanya.

"Untuk pertama kalinya pada 2019 dan keduanya di usulkan Tim Penilai Nasional 2021 tetapi gagal. Mahkamah Agung harus merubah paradigma dari kekuasaan menjadi humanis," ujar Sukri.

Ecourt merupakan aplikasi yang mencegah sentuhan langsung dengan perkara transaksi melalui Bank kemudian melakukan registrasi.

Untuk Pengadilan Negeri Cilacap mendapat peringkat I Ecourt dan peringkat 9 terkait gugatan Se-Indonesia sehingga nantinya ruang utama sidang akan dirubah menjadi ruang elektronik.

"Kita meluncurkan 3 aplikasi online seperti PTSP (Bisa memantau lewat live streaming), Perpanjangan penahanan secara online, Penyitaan dan Penggeledahan secara online dan bisa dipantau dan diakses oleh semua Polsek," bebernya.

Ditempat yang sama, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyambut baik dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan.

Terima kasih disampaikan kepada keluarga besar Pengadilan Negeri Cilacap yang telah berkomitmen membangun Zona integritas WBK dan WBBM.

Tatto berharap pencanangan Zona integritas dapat dijadikan langkah awal untuk mendorong percepatan pelaksanaan Permenpan RB Nomor 10 tahun 2019, Tentang pedoman pembangunan Zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani di lingkungan instansi pemerintah.



Zona Integritas sebagai predikat terhadap instansi pemerintah dari pimpinan dan jajarannya yang berkomitmen untuk mewujudkan  WBK dan WBBM sebagai bentuk reformasi birokrasi  kususnya pencegahan korupsi untuk meningkatkan kualitas layanan publik.

Pembangunan Zona integritas meliputi 6 area perubahan yakni, bidang manajemen, Penataan tatalaksana, Penataan system, Manjemen Sumber Daya Manusia (SDM), Penguatan, Pengawasan, Akuntabilitas kerja,  Penguatan kualitas pelayanan," terangnya.

Perlu kerjasama dalam membangun Zona integritas sehingga tidak bisa dilakukan oleh sebagian pihak dalam instansi. Perlu komitmen dari semua komponen. Sumber daya aparatur salah satu penggerak bagi upaya percepatan reformasi dan birokrasi," ungkapnya.

Reformasi birokrasi merupakan upaya dalam melakukan perbaikan kinerja dengan meningkatkan kualitas regulasi, meningkatkan efesiensi, efektivitas dan akuntabilitas seluruh aspek penyelenggaraan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.

Kita sadari saat ini masih banyak permasalahan di bidang sumber daya aparatur seperti halnya, Kompetensi, elektabilitas, integritas prilaku negatif maupun masalah lain.

Citra negatif birokrasi dipandang lambat, berbelit, tidak inovatif tidak peka atau inkonsisten. 

Melalui kesempatan ini Tatto berharap agar Pengadilan Negeri Cilacap mampu bersinergi dengan semua pihak termasuk pemerintah daerah.

Penataan harus dilakukan tidak saja dari sisi manajerial, sumber daya manusia saja tetapi sarana dan prasarana sebagai utama faktor pendukung.

Jajaran Pengadilan Negeri harus mampu meningkatkan kinerja organisasi, profesionalisme dan produktifitas kerja pegawai dalam memberi pelayanan masyarakat yang optimal, cepat, tepat, akurat dan nyaman.

Tingkatkan pelayanan masyarakat sehingga masyarakat memperoleh kepuasan dan pelayanan yang diberikan. Keramahan, tepat waktu, disiplin kerja adalah harapan dari masyarakat. 

Pelayanan publik benar terwujud terimplementasikan dalam pelayanan yang diberikan terhadap masyarakat.

"Apresiasi komitmen kepada semua jajaran Pengadilan Negeri Cilacap untuk terus memberi pelayan terbaik.

Melalui pencanangan Zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan Wilayah birokrasi bersih dan melayani. 

Kami memberi penghargaan setinggi-tingginya atas peran aktif dalam mendukung sukses berbagai program pembangunan di Kabupaten Cilacap. Apa yang sudah dilakukan untuk bisa ditingkatkan lagi dimasa yang akan datang. Implementasi kebijakan Bangga Mbangun Desa, dalam mewujudkan Kabupaten Cilacap semakin sejahtera secara merata," tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan piagam. Dengan pencanangan Zona integritas diharapkan mampu merubah perbaikan nyata baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Sebagai landasan kuat dengan integritas kokoh peningkatan sinergi yang baik antar semua pihak  untuk mewujudkan  dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Acara kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta selalu memperhatikan dalam menerapkan protokol kesehatan.

TUNJANG.D


Tidak ada komentar

<