< Masyarakat di Himbau Sukseskan Program Jateng Dua Hari di Rumah Saja - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Masyarakat di Himbau Sukseskan Program Jateng Dua Hari di Rumah Saja

<

 

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Himbauan Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto Pamuji kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cilacap untuk turut mensukseskan program pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan mensukseskan gerakan "Jateng di Rumah Saja".

Pencetus Gerakan "Jateng di Rumah Saja" Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hanya diberlakukan selama dua hari yakni Sabtu (06/02/2021) hingga Minggu (07/02/2021) dengan menutup seluruh obyek wisata, tempat hiburan, karaoke dan usaha sejenis serta pasar tradisional.

Dalam mensukseskan program tersebut, Bupati Cilacap membuat himbauan melalui video yang dishare di media sosial (medsos). Video berdurasi 59 detik tersebut Bupati mengajak masyarakat untuk mensukseskan program pemerintah yaitu "Jateng di Rumah Saja" pada tanggal 6 dan 7 Februari mendatang.

“Untuk itu tetap di rumah saja. Bisa sinergi dengan pemerintah untuk memerangi penyebaran Covid-19. Kehidupan akan normal, kehidupan akan biasa, kembali seperti semula,” kata Bupati Cilacap dalam video yang di unggah, Rabu (03/02/2021).

Untuk memperkuat program "Jateng di Rumah Saja", Bupati mengeluarkan Surat Edaran (SE) dengan Nomor 440/00521/04/Tahun 2021 tentang peningkatan kedisiplinan dan pengetatan protokol kesehatan pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kabupaten Cilacap.

Surat Edaran (SE) ditanda tangani Bupati Cilacap pada Rabu (03/02/2021) tersebut mendasari Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 443.5/0001933 tanggal 2 Februari 2021 tentang Peningkatan Kedisiplinan dan Pengetatan Protokol Kesehatan pada Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tahap II di Jawa Tengah. 

Selain itu mendasari Instruksi Bupati Cilacap Nomor 2 Tahun 2021 tanggal 25 Januari 2021 tentang Pemberlakukan Kegiatan untuk Pengendalian  Covid-19.

Dalam Surat Edaran tertulis bahwa gerakan Jateng di Kabupaten Cilacap berupa penutupan destinasi wisata dan pusat rekreasi, tempat olahraga, tempat hiburan, karaoke, warnet, game online, car free day Serta penundaan hajatan dan pernikahan yang dilaksanakan baik di rumah maupun hotel, serta kegiatan lain yang memunculkan potensi kerumunan seperti pendidikan, event dan lainnya.

Camat dan Lurah/Kepala Desa lebih berperan aktif untuk mensosialisasikan kegiatan ini dan menggerakan masyarakat dengan mengoptimalkan "Jogo Tonggo" untuk melakukan kegiatan kebersihan lingkungan di rumah masing-masing.

Sementara dalam upaya penurunan tingkat kasus kematian Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap diminta untuk melakukan pemantauan dan mendorong percepatan penambahan ketersediaan tempat tidur (TT) isolasi dan TT ICU. Penambahan ini untuk penanganan Covid-19 di Rumah Sakit baik milik pemerintah maupun swasta. 

Proporsi aman yakni TT isolasi minimal 30 persen dan ketersediaan TT ICU minimal 15 TT.

Kemudian percepatan pelaksanaan vaksinasi di wilayah masing-masing sesuai sasaran, target dan tahapan dengan tetap menjaga dan meningkatkan kinerja pencapaian vaksinasi yang sudah dicapai.

Untuk mengawal penerapan kebijakan ini, Pemerintah Daerah akan melaksanakan pengetatan pengawasan dalam penerapan protokol kesehatan dengan meningkatkan operasi yustisi yang dilaksanakan Satpol PP bersama aparat Kepolisian dan melibatkan unsur TNI.

TUNJANG.D


Tidak ada komentar

<