< Pemdes Jeruklegi Kulon Gelar Pilkades Pengganti Antar Waktu (PAW) - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Pemdes Jeruklegi Kulon Gelar Pilkades Pengganti Antar Waktu (PAW)

<

 

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Pemilihan Kepala desa Pengganti Antar Waktu (PAW) digelar Pemerintah desa Jeruklegi kulon Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Pelaksanaan berlangsung di halaman Kantor desa setempat, Senen (22/02/2021).

Hadir pada kesempatan acara yang digelar, Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, SH, SIK, M.Si, Kepala Dispermades Arifin, SR, SH, MM, Unsur Forkopimcam Kecamatan yang terdiri dari Kapolsek Jeruklegi  AKP Sulimin, Camat Jeruklegi Rosikin, S.Sos, Danramil Jeruklegi Kapten Taryun.

Dalam sambutannya, Yohanes Marjono, S.Pd, selaku Ketua Panitia mengatakan, Pemilihan Pengganti Antar Waktu (PAW) dilakukan karena Kades sebelumnya  mendapat halangan sehingga tidak bisa melanjutkan tugas kepemimpinannya," ucapnya.

"Ada 5 bakal calon (balon) sebelumnya saat pendaftaran dibuka, Namun setelah diadakan ujian tertulis kemudian hasil ujian diumumkan hanya 3 calon yang berhak untuk maju dalam Pilkades Antar Waktu desa Jeruklegi Kulon," tuturnya.



Lebih lanjut Yohanes menjelaskan, Dari 3 calon yang ditetapkan masing-masing yakni Ritam Sugianto dengan nomor urut 1 selanjutnya Sunarto dengan nomor urut 2 kemudian Prayitno mendapat urutan nomor 3.

"Dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 617 pemilih masing-masing diambil dari perwakilan Rt sebanyak 10 jiwa pemilih dari dari keseluruhan total 6 dusun yang ada di desa Jeruklegi Kulon.

Pada acara kegiatan disediakan 3 tempat pemungutan (TPS) guna pelaksanaan yang bertempat di halaman Kantor desa dimana pemungutan suara berlangsung," jelasnya.

Ditengah situasi pandemi covid-19 Pemerintah desa Jeruklegi Kulon menggelar acara Pemilihan Kades namun demikian kami selaku Panitia menerapkan untuk memberlakukan protokol kesehatan secara ketat dengan menyediakan tempat mencuci tangan, Para petugas jaga diwajibkan memakai masker, face shild, sarung tangan karet serta jaga jarak tempat duduk bagi pemilih yang mengantri di depan (TPS).

Bagi masyarakat yang telah memberikan hak pilihnya dihimbau untuk segera pulang kerumah masing-masing, untuk menghindari kerumunan dan kemacetan mengingat Kantor Desa Jeruklegi Kulon letaknya berada ditepi jalan raya," ujar Marjono.



Sesuai berita acara Pemilihan kepala desa Pengganti Antar Waktu tertuang dalam Perda Kabupaten Cilacap No.5 tahun 2015. Penghitungan suara hasil pemungutan Pilkades antar waktu desa Jeruklegi Kulon dimulai tepat pukul 13:00 wib melalui musyawarah.

Hasil penghitungan yang dilakukan Ritam Sugianto dengan nomor urut 1 memperoleh 307 suara, Sunarto nomor urut 2 hanya mendapat 34 suara, sedangkan Prayitno dengan urutan nomor 3 mendapat 266 suara dari total suara sah sebanyak 611 suara.

Proses penghitungan dilakukan secara live streaming melalui facebook agar masyarakat dapat mengikuti proses penghitungan suara dari rumah masing-masing.

Acara pemilihan Kepala desa Pengganti Antar Waktu (PAW) desa Jeruklegi Kulon berjalan aman dan lancar dengan penjagaan ketat personel dari Kepolisian Polres Cilacap, Kodim 0703/Cilacap, Anggota Kepolisian Polsek Jeruklegi, Satpol PP Kabupaten Cilacap serta Anggota Satpol PP Kecamatan Jeruklegi.

TUNJANG.D


Tidak ada komentar

<