< Desa Karanggintung Gandeng TNI Berikan Pelatihan Bela Negara - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Desa Karanggintung Gandeng TNI Berikan Pelatihan Bela Negara

<

 

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Bela Negara di Indonesia merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Hal inilah yang mendasari Pemerintah Desa Karanggintung menggelar pelatihan Bela Negara kepada warganya. Dalam pelatihannya, menggandeng Aparat TNI Koramil 10/Gandrungmangu bertempat di Balai Desa setempat, Selasa (09/03/2021).

Kegiatan Pelatihan Bela Negara di hadiri, Kepala Desa Karanggintung Turmono, Babinsa Karanggintung Sertu Budhi, dan 20 orang anggota PKK Desa Karanggintung.



Diawal kegiatannya, Kepala Desa Karanggintung mengatakan, di dalam proses pelatihan Bela Negara ada beberapa hal yang menjadi unsur penting didalamnya diantaranya, cinta tanah air, yakin akan Pancasila, rela berkorban untuk NKRI dan juga kesadaran akan berbangsa dan bernegara.

Bela Negara juga bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan menciptakan suasana rukun, damai, dan harmonis dalam keluarga dan masyarakat, membentuk keluarga yang sadar hukum, meningkatkan iman dan takwa dan iptek, kesadaran untuk menaati tata tertib sekolah dan sebagainya. Untuk itu agar nantinya apa yang disampaikan oleh Narasumber agar diikuti dengan baik dan seksama," Kata Turmono.



Dalam kesempatannya Sertu Budhi mewakili Danramil 10/Gandrungmangu menegaskan, betapa pentingnya menanamkan Bela Negara sejak dini tidaklah susah. Hal tersebut bisa dimulai dari hal kecil dalam kehidupan sehari hari di keluarga seperti mengembangkan sikap demokrasi dalam mengatasi permasalahan keluarga, saling menghormati dan menghargai antar anggota keluarga, mematuhi aturan rumah yang sudah dibuat, menjaga nama baik keluarga, menjalin silaturahmi antara sesama anggota keluarga, menjadikan keluarga sebagai tempat menyelesaikan segala permasalahan, dan lain sebagainya.

Karena modal dasar wawasan Bela Negara terhadap Bangsa dan Negara yang kita cintai bersama ini diawali dari keluarga dan lingkungan sekitar. Masa depan negara ada di tangan generasi muda dan itu semua diawali dari rumah tangga," tegasnya.

#(Sugeng.S/red)


Tidak ada komentar

<