< Kejaksaan Negeri Cilacap Terima Uang Pengembalian Dari Terpidana Kasus Korupsi Dana Kas Daerah Kabupaten Cilacap - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Kejaksaan Negeri Cilacap Terima Uang Pengembalian Dari Terpidana Kasus Korupsi Dana Kas Daerah Kabupaten Cilacap

<

 

Cilacap,Jateng,- bentengindonesia.com

Terpidana kasus korupsi dana kas daerah Kabupaten Cilacap tahun 2006, Probo Yulastoro mantan bupati Cilacap, menyerahkan uang pengembalian di Kejaksaan Negeri Cilacap.

Didampingi Kuasa Hukum Guyub Bekti Basuki, S.H, MH, Istri terpidana memberikan uang  pengganti sebesar Rp. 1.000.000.000 , di ruang Pidsus dengan dikawal Aparat Kepolisian Polres Cilacap, Senen (01/03/2021).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Cilacap, Timotius Tri Ari Mulyanto, S.H, MH, melalui Kepala Seksi Pidana Kusus (Kasi Pidsus) Muhammad Hendra Hidayat, S.H, Menyampaikan, Kejaksaan Negeri Cilacap berhasil menyelamatkan uang negara dalam perkara Bapak H. Probo Yulastoro, S. Sos pada putusan tahun 2018.

Sesuai putusan Pengadilan Semarang dengan nomor register, 96/Pid-Sus/TPK/2017/PN.SMG. Per tanggal 21 Maret 2018, Dalam putusan tersebut Hakim memerintahkan Sdr. Terdakwa dijatuhi pidana serta membayar uang pengganti sebesar Rp 7.880.000.000 (Tujuh miliar delapan ratus delapan puluh juta rupiah).



Melalui Penasehat Hukumnya Bapak Guyub Bekti Basuki, S.H, MH, Pihak keluarga terpidana membayar uang pengganti dengan mencicil sebesar Rp 1.000.000.000 (Satu miliar rupiah) untuk selanjutnya uang hasil pembayaran dari keluarga kita setorkan ke kas negara hari ini juga," ucapnya.

Kemudian sisa dari kekurangannya yakni sebanyak Rp 6.880.000.000 (Enam miliar delapan ratus delapan puluh juta rupiah) agar diupayakan secepatnya diselesaikan.

Seperti kita ketahui, Pembayaran uang pengganti sebagai bentuk upaya penggembalian kerugian uang negara yang telah dilakukan oleh Bapak H. Probo Yulastoro, S. Sos atas kasus tindak pidana korupsi dalam perkara penarikan uang kas negara milik daerah Kabupaten Cilacap di Bank Mandiri Cilacap dengan rekening nomor- 139000302983-6 pada tanggal 02 Januari 2006.

Pada pengambilan yang dilakukan terpidana berhasil menarik uang kas daerah Kabupaten Cilacap sebesar Rp 10.800.000.000 (Sepuluh miliar delapan ratus juta rupiah). Dengan dilakukannya pembayaran angsuran uang pengganti oleh keluarga hari ini kita serahkan kepada Bendaharawan penerima Kejaksaan Negeri Cilacap untuk selanjutnya disetor ke kas negara sebagai Penerima Negara Bukan Pajak (BNBP)," jelasnya.

"Semoga ini bukan cicilan yang hanya pertama namun nantinya ada lagi untuk kedepan lagi dan lagi. Intinya kita sudah berhasil menyelamatkan uang negara hari ini sebanyak Rp 1.000.000.000 (Satu miliar rupiah). Terima kasih ada upaya baik dari keluarga melalui Kuasa Hukumnya mau mengembalikan kerugian keuangan negara yang sudah dilakukan oleh terpidana," tutur Hendra.



Guyub Bekti Basuki, S.H, MH, Penasehat Hukum terpidana, menyampaikan, "Pak Probo menghormati putusan Pengadilan Tipikor tahun 2018 yang sudah berkekuatan hukum tetap.

"Karena itu klien kami berkeinginan bagaimana cara bisa melaksanakan putusan tersebut dengan baik. Pada prinsipnya Pak Probo menghormati putusan pengadilan dan patuh terhadap hukum serta ingin menyelesaikan masalah ini secepatnya," kata Guyub.

"Untuk hari ini kami sebagai Penasehat Hukum Pak Probo, diberi amanah oleh keluarga untuk menyerahkan uang sebagai pengganti sebesar Rp 1.000.000.000 (Satu miliar rupiah).

Terkait kekurangan keluarga sedang berusaha dan berupaya untuk menutup semuanya. Mohon doanya agar Pak Probo bisa membayar dari kekurangan sebagai uang pengganti secepatnya," tandasnya.

TUNJANG.D


Tidak ada komentar

<