< Tetap Pedomani Prokes Masa Pandemi Covid-19, Prajurit Korem 071/Wijayakusuma Ikuti Tes "GARJAS UKP" - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Tetap Pedomani Prokes Masa Pandemi Covid-19, Prajurit Korem 071/Wijayakusuma Ikuti Tes "GARJAS UKP"

<

 

Banyumas  Jateng,- bentengindonesia.com

Sebanyak 317 personel jajaran Korem 071/ Wijayakusuma, Bintara dan Tamtama mengikuti tes Kesegaran Jasmani “GARJAS” dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) periode 1-10-2021. Tes tersebut dilaksanakan terpusat, selama tiga hari mulai Senin hingga Kamis (29/3/2021-1/4/2021) di Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. 

"Tes Garjas tersebut sebagai syarat untuk berhasilnya seorang prajurit dalam meniti kariernya sebagai prajurit TNI", terang Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., Senin (29/3/2021) di Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas. 

Menurut Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., bahwa kegiatan tersebut merupakan syarat yang harus dipenuhi setiap prajurit dalam rangka Usul Kenaikan Pangkat (UKP) satu tingkat lebih tinggi.

"Penilaian berdasarkan kategori usia prajurit, peserta wajib memenuhi nilai maksimal dan kriteria sesuai standard yang telah ditentukan untuk dapat Usul Kenaikan Pangkat. Jika hasil tes tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan, otomatis prajurit tersebut tidak dapat diusulkan kenaikan pangkatnya", ungkapnya. 



Pada kesempatan yang sama, Danrem 071/Wiayakusuma menghimbau kepada para prajurit agar selalu memanfaatkan kegiatan pembinaan fisik yang dilaksanakan di satuannya, hal ini untuk mengetahui kemampuan yang dimilikinya.

“Kegiatan pembinaan fisik di satuan agar dilaksanakan secara terukur dan terarah sesuai program kerja dan protap masing-masing satuan,” jelasnya. 

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan ditengah masa pandemi Covid-19 ini, Danrem mengatakan prajurit Korem 071/Wijayakusuma, tetap melakukan kegiatan satuan sesuai jadwal. "Kita melaksanakan tes kesegaran jasmani UKP ini selain sebagai tolok ukur kemampuan prajurit untuk usul kenaikan pangkat juga untuk mengetahui hasil dan sebagai bahan evaluasi bagi pimpinan sejauh mana pembinaan fisik yang selama ini dilakukan oleh  prajurit disatuannya masing-masing", terangnya.



"Tes kesegaran jasmani UKP ini merupakan program komando atas yang harus dilaksanakan sebagai wahana untuk mengetahui kemampuan fisik setiap prajurit", paparnya.

Dikatakan, disamping hal tersebut, kita lakukan kegiatan ini juga sebagai bentuk menjaga kebugaran serta untuk menjaga imunitas tubuh setiap prajurit. "Dengan terjadinya wabah pandemi Covid 19 ini, tidak menjadikan prajurit-prajurit Korem 071/Wijayakusuma larut dalam keprihatinan dan  ketiadaan kegiatan satuan. Namun, hal ini untuk menjadikan kita tetap semangat melakukan kegiatan satuan guna mendukung tugas pokok Korem 071/Wijayakusuma", terangnya.

"Pelaksanaan kesegaran jasmani ini, kita tetap mempedomani protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, seperti cek suhu tubuh, cek tensi tekanan darah, menggunakan masker dan pembatasan peserta dalam setiap gelombang agar tetap menjaga jarak", pungkasnya.

Tes Kesegaran Jasmani Usul Kenaikan Pangkat (Garjas UKP) prajurit Korem 071/Wijayakusuma meliputi Garjas "A" Lari selama 12 menit, Garjas "B" berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan Shuttle Run dengan nilai Minimal "51" serta tes ketangkasan renang militer dasar jarak 50 meter.

#(Sugeng.S/red)


Tidak ada komentar

<