< Bimbingan Teknis Pokja Relawan Pendataan SDGs Desa Wringinharjo - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Bimbingan Teknis Pokja Relawan Pendataan SDGs Desa Wringinharjo

<

 

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) bagi Kelompok Kerja (Pokja) Relawan Pendataan Desa Tahun 2021 berlangsung di Aula Pendopo Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap, Rabu (21/4/2021)

Pemutakhiran data berbasis tujuan pembangunan berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak, sebagai proses perbaikan data di kalangan keluarga dan masyarakat sebagai pembangunan berkelanjutan. 

SDGs Desa juga bertujuan untuk mewujudkan :

1. Desa tanpa kemiskinan. 

2.Desa tanpa Kelaparan. 

3.Desa sehat dan sejahtera. 

4.Pendidikan dan berkualitas. 

5.Desa berkesetaraan gender. 

6.Desa layak air bersih dan                    sanitasi. 

7.Desa berenergi bersih dan                  terbarukan. 

8.Pekerjaan dan pertumbuhan              ekonomi desa. 

9.lnfrastruktur dan inovasi Desa          sesuai kebutuhan. 

10.Desa tanpa kesenjangan. 

11.Kawasan pemukiman desa                  berkelanjutan. 

12.Konsumsi dan produksi desa              yang sadar lingkungan. 

13.pengendalian dan perubahan            iklim oleh desa

14.Ekosistim laut desa. 

15.Ekosistim daratan Desa. 

16.Desa damai dan berkeadilan. 

17.Kemitraan untuk pembangunan        desa. 

18.Kelembagaan desa dinamis dan        budaya desa adaptif. 



Dalam Pemutakhiran Data berbasis SDGs Desa pihak yang terlibat adalah, Pokja Relawan Pendataan Desa, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Provinsi dan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dengan merujuk pada Permendesa PDTT No. 21/2020.

Untuk Proses Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun Berbasis SDGs Oleh Kelompok Kerja Pendataan Desa Tahun 2021 dan agar dalam pelaksanaannya bisa maksimal sesuai harapan, maka bagi Pokja Pendata dibekali Bimbingan Tekhnis tata cara Pendataan berbagai bidang cakupan," terang Aan Nurur Rohman Pendamping Desa. 

Dalam menjalankan prosesnya, melalui Aplikasi SDGs, pendataan tahun 2021 ini maka diharapkan kerjasama yang baik dari seluruh masyarakat desa agar dapat menerima "Tim Pendata" di rumah masing-masing dan memberi data yang akurat, otentik sesuai dengan fakta yang ada demi kelancaraan Proses Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun," tambahnya. 



Kepada Tim Pendata agar bekerja secara sungguh sungguh, mengambil data dengan realita di lapangan serta bekerja secara profesional dan disiplin aturan sebagai pengabdian dalam berkontribusi kepada pemerintah," tegas Kasi PM, Muhammad Rodlin, S.Ag.

Hadir Sebagai Narasumber, Bayu Indra Riskiyanto Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI), Aan Nurur Rohman (PD), Muhammad Rodlin, S.Ag Kasi PM Kecamatan Gandrungmangu, Lailatur Ribi'ah (PLD) Heri Sunarko Staff PMD Kecamatan Gandrungmangu, turut hadir Kepala Desa Wringinharjo Hasanan didampingi Sekdes Imam Ma'ruf dan 70 Peserta Bimbingan Teknik.

Acara diakhiri tanya jawab terkait detail tata cara Pendataan dipandu Sekdes Wringinharjo Imam Ma'ruf dan Kasi Pemerintahan Wasiman.

#(Sugeng. S)


Tidak ada komentar

<