< Situasi Pandemi, Forkopimda Cilacap Sholat Idul Fitri di Pendopo Kabupaten, Ini Khotbah Dandim Cilacap - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Situasi Pandemi, Forkopimda Cilacap Sholat Idul Fitri di Pendopo Kabupaten, Ini Khotbah Dandim Cilacap

<

 

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Diakhir bulan ramadhan, umat muslim di seluruh dunia merayakan kemenangannya setelah sebulan penuh berpuasa. Perayaan tersebut awali dengan sholat Idul Fitri dan saling bermaaf maafan untuk melebur dosa diantara sesama umat muslim. Namun ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, perayaan hari kemenangan umat Islam berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

Seperti halnya di Cilacap, di tengah pandemi Covid-19 ini, Forkopimda Kabupaten Cilacap menyelenggarakan perayaan Idul Fitri 1442 H/2021 M secara sederhana. Pelaksanaan sholat Idul Fitri yang hanya diikuti oleh unsur Forkopimda, Setda, Asisten serta Kepala OPD Kabupaten Cilacap dilaksanakan di Pendopo Wijayakusuma Chakti, Kantor Pemda Kabupaten Cilacap, Jln.  Jenderal Sudirman, Cilacap, Kamis (13/5).

Pelaksanaan sholat Idul Fitri ditutup dengan tausiyah yang disampaikan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P. Dalam tausiyahnya, Dandim mengatakan, dalam merayakan hari raya Idul Fitri ini sudah sepantasnya umat Islam untuk berbahagia dan tetap bersyukur untuk merayakan momen kemenangan ini. Namun dibalik itu semua, banyak pelajaran hikmah faedah dan Fadhilah yang dapat dipetik untuk menjadi bekal dalam kehidupan yang akan datang.

Dandim juga mengajak untuk senantiasa meningkatkan iman, taqwa dan imun tubuh agar terhindar dari wabah Covid-19. Menurutnya, segala yang terjadi di dunia ini tidak lepas dari skenario Allah SWT yang telah mengatur semua yang sedang dan akan terjadi di alam semesta ini. 



"Satu hal yang perlu digaris bawahi dengan datangnya bencana yang silih berganti ini adalah bahwa tidaklah Allah menginginkan keburukan terjadi kepada kita semua. Untuk itu perlunya selalu mengingat kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan untuk tetap berada di jalan-Nya tentunya dibarengi dengan doa, upaya dan tawakal," Ujarnya. 

"Kita harus selalu mengingat bahwa wabah ini adalah sebagian kecil dari ujian diantara ujian ujian Allah yang didatangkan kepada manusia di mana sejatinya kehidupan dan kematian adalah ujian bagi setiap umat. Ketika seseorang yang sedang diuji maka yang dilihat bukan seberapa besar ujian tersebut melainkan siapa yang paling baik ibadah atau amalnya," terang orang nomer satu di Satuan Kodim Cilacap tersebut. 

"Meskipun Idul Fitri kali ini kita rayakan dengan cara yang berbeda karena menuntut pengorbanan kita semua untuk tidak mudik dan tidak bersilaturahmi seperti biasanya, saya merasakan hal ini terasa berat tetapi keselamatan handaitolan dan sanak saudara tentu lebih penting dan harus menjadi prioritas kita semua, saya yakin kita bersama akan mampu melalui ujian berat ini," Pungkasnya. 

Diakhir khotbahnya, Dandim mengucapkan Taqobalallahu Minna wa minkum taqobbal taqobbal ya karim Minal aidin wal faizin wa Kullu Aamin Wa Antum Bi Khoir. Selamat merayakan Idul Fitri 1 syawal 1442 Hijriyah 2021 masehi Mohon maaf lahir dan batin.



Setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri, Dandim beserta seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap berkumpul bersama di Pendopo menyampaikan ucapan Hari Raya Idul Fitri serta menyampaikan situasi terkini perkembangan Covid-19 di Kabupaten Cilacap. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji secara pribadi, keluarga dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap, mengucapkan "Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah" kepada segenap kaum muslimin dan muslimat di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap, teriring doa, Taqobbalallohu minna wa minkum, Taqobal Ya Karim, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Dia juga mengatakan, warga masyarakat Kabupaten Cilacap masih harus melewati hari-hari berat karena pandemi Covid-19 yang sangat terasa dampaknya bagi masyarakat, baik secara ekonomi maupun sosial. Tak hanya dirasakan oleh masyarakat, Pemerintah Kabupaten Cilacap pun harus bekerja keras mengambil langkah pencegahan dan penanggulangan wabah covid-19 yang melanda sejak tahun lalu.

#(Sugeng.S/red).


Tidak ada komentar

<