< Bina Wisata Dusun Sindeh Masuk Penilaian Kampung Sehat Tingkat Kecamatan Gandrungmangu - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

Bina Wisata Dusun Sindeh Masuk Penilaian Kampung Sehat Tingkat Kecamatan Gandrungmangu

<

 

Cilacapa Jateng,- bentengindonesia.com

Kampung sehat merupakan perubahan sosial yang lebih baik, bukan hanya tangungjawab pemerintah untuk memajukan, tetapi juga seluruh elemen masyarakat, untuk dapat menjadi penggerak dan motivator kesehatan. 

Maka untuk memacu program tersebut dan meningkatkan kualitas kampung sehat, maka diadakan lomba kampung sehat, harapannya salah satu program pemerintah tersebut bisa menunjang dan menggalakan masyarakat, dengan betapa pentingnya nilai kesehatan dalam kehidupan sehari - hari.

Kenapa Kampung Sehat Bina Wisata Dusun Sindeh yang ditunjuk dan masuk penilaian Kampung Sehat, menurutnya Dusun Sindeh adalah Dusun di Desa Wringinharjo yang sudah siap dan sudah melaksanakan program dimaksud, untuk mengikuti penilaian mewakili Kecamatan Gandrungmangu dengan Dua Desa lain yaitu Desa Bulusari dan Desa  Gandrungmangu untuk maju sebagai Duta Perwakilan lomba ke tingkat Kabupaten Cilacap bila nantinya Kampung Sehat Bina Wisata dapat kesempatan dan menang dalam penilaian," jelas Ketua Tim Penilai Tingkat Kecamatan yang juga Sekcam Gandrungmangu Slamet Riyadi, S.Sos.



Kampung Sehat adalah Salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan dalam upaya untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan memperhatikan kesehatan masyarakat dan merupakan tanggung jawab semua pihak baik Pemerintah maupun masyarakatnya sekaligus mengucapkan selamat datang kepada rombongan Tim Penilai Tingkat Kecamatan," tutur Imam Ma'ruf Sekdes Wringinharjo dalam pengantar sambutannya mewakili Pemdes.

Dalam paparannya Kepala Dusun Sindeh Indah Fais menyampaikan, kesadaran dalam merubah pola hidup sehat serta berperan aktif membantu pemerintah dalam membangun, melayani dan memberdayaan kesehatan masyarakat dengan tujuan agar terbentuk masyarakat yang sehat, kuat, mandiri, tujuan umum membina masyarakat  agar terbentuk masyarakat sehat Bersih lndah Nan Asri, dengan 3 kunci sehat yaitu Murah Senyum, Kerja Keras dan Selalu Berfikir Positif.

Penilaian Kampung Sehat, dalam lomba kampung sehat ini, mempunyai tujuan, masyarakat dituntut agar melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan persiapan kampung sehat ini merupakan hasil kebersamaan gotong royong masyarakat, dan kami sudah siap untuk mengikuti lomba karena kami sudah sesuai prosedur dari segi kesiapan penilaian termasuk juga tertib administrasi," jelas Indah Fais.



Berharap juga seusai lomba kampung sehat ini perlu dan terus untuk di pertahankan segi kebersihan lingkungan dan aspek aspek lain jangan sampai selesai lomba tidak peduli dan abai kebersihan lingkungannya.

Penilaian lomba meliputi aspek dan katagori, Kelembagaan, PHBS, Asi Ekseklusif, STBM, Rumah Sehat, Desa Siaga, Peran Posyandu, Peningkatan Germas, Kampung Sehat, Keasrian, lnovasi, PLKB, PUS/KB. 

Turut hadir dalam kegiatan, Camat Gandrungmangu Yani Yhustianta S.STP., MM, beserta lstri, Kasi Trantibum Kecamatan Gandrungmangu Bambang Suprayitno, S.IP dan Wahyu SA (anggota) Kamilin Staff Kasi Keseahteraan,

Bidan Desa Wringinharjo Yuli Dwi Astusti, A.Md.Keb, Supryati Staf Kasi Kesejahteraan Desa Wringinharjo, Ny. Eriyanti Ketua Kelompok Tani Wanita Maju Makmur, Ketua RT/RW se Dusun Sindeh, Anggota Kampung Sehat Bina Wisata dan TP PKK, Rabu (8/9/21)

#(Sugeng.S)


Tidak ada komentar

<