< DPKUKM Cilacap Buka Pelatihan Kewirausahaan untuk Wirausaha Baru - Benteng Indonesia News -->

Breaking News

DPKUKM Cilacap Buka Pelatihan Kewirausahaan untuk Wirausaha Baru

<

 

Cilacap Jateng,- bentengindonesia.com

Kegiatan Non Fisik Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap lll tahun 2021 di Desa Wringinharjo, bersama dalam hal tersebut Dinas Pedagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Cilacap membuka Pelatihan dan Kewirausahaan untuk Wirausaha Baru.

Sekretaris Desa Wringinharjo Imam Ma'ruf dalam memberikan arahanya kepada peserta pelatihan menekankan, gali dan simak penyampaian narasumber, penting bagi peserta guna mendapatkan ilmu tambahan terlebih kepada peserta yang sudah mempunyai usaha kecil, agar manfaat dari pelatihan yang didapat bisa mengasilkan nilai tambah bagi usahanya guna meningkatkan kualitas  perekonomian.

Kegitan dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Wringinharjo, dan diikuti oleh pelaku usaha kecil dan menengah diwilayah Desa Wringinharjo, Selasa (12/10/2021).



DPKUKM melalui

Kasi Pemberdayaan UKM Kabupaten Cilacap Surachman dalam sambutannya sekaligus membuka acara menjelaskan, tujuan pelatihan kewirausahaan  untuk wirausaha baru adalah untuk membangkitkan pelaku usaha kecil dan menengah juga membantu masyarakat yang memiliki minat untuk memulai usaha dan merancang sebuah rencana usaha baru.

Kegiatan ini juga memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan usaha, wirausaha perlu terus didorong untuk menciptakan lapangan kerja baru sehingga kesejahteraan masyarakat akan lebih maju," tuturnya.

Narasumber, Yohana Hasman dari Konsultan PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) UMKM Kabupaten Cilacap memaparkan terkait Penguatan Kelembagaan UMKM, Permasalahan UMKM didalamnya terkait Perijinan, kemasan produk, dan pemasaran.



"Lanjutnya untuk mengatasi masalah mengenai tingkat daya saing usaha, pelaku usaha perlu menggali potensi produk agar menjadi lebih unggul dan berdaya saing tinggi serta meningkatkan produk baik usahanya, serta wajib menyertakan badan usahanya.

Kepada peserta pelatihan la pun menjekaskan, pihaknya akan membantu kesulitan, memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah, bila terkendala perijinan.

Kegiatan juga turut didampingi Anisa Wulan Asri Pendamping KUKM Kabupaten Cilacap juga sebagai Narasumber, Serka Indra Rismanta Babinsa Koramil 10/Gandrungmangu serta jajaran Pemerintah Desa Wringinharjo, serta dihadiri 50 orang peserta pelatihan.

#(Sugeng.S)


Tidak ada komentar

<